Analisis Potensi Ekowisata pada Obyek Wisata Air Terjun Kanto Lampo sebagai Upaya Konservasi Alam dan Pengembangan Ekonomi Lokal di Desa Beng, Gianyar - Bali

  • Ni Gusti Ayu Nyoman Budiasih Akademi Pariwisata (AKPAR) Denpasar
  • Ni Wayan Anggreni Akademi Pariwisata (AKPAR) Denpasar
  • Ni Ketut Sutrisnawati Akademi Pariwisata (AKPAR) Denpasar
  • I Ketut Saskara Dosen Akademi Pariwisata (AKPAR) Denpasar
  • AAA Ribeka Martha Purwahita Politeknik Negeri Bali
Keywords: Air Terjun Kanto Lampo, Ekowisata, Konservasi Alam, Pengembangan Ekonomi Lokal

Abstract

Obyek Wisata Air Terjun Kanto Lampo merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Obyek wisata ini memiliki potensi ekowisata yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan melestarikan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi ekowisata pada obyek wisata tersebut dan memberikan arahan pengembangan ekowisata yang sesuai dengan prinsip-prinsip konservasi alam dan pengembangan ekonomi lokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori 1) Teori Ekowisata  dan 2) Teori Pengembangan Ekonomi Lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa obyek wisata Air Terjun Kanto Lampo memiliki potensi ekowisata yang tinggi, ditunjukkan oleh adanya daya tarik alam, budaya, dan sosial yang beragam dan menarik, serta dukungan aksesibilitas, fasilitas, dan pelayanan yang memadai. Namun, terdapat beberapa permasalahan yang menghambat pengembangan ekowisata, seperti rendahnya kualitas sumber daya manusia, dan belum optimalnya pengelolaan dan kerja sama antara pihak-pihak terkait. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan beberapa arahan pengembangan ekowisata, antara lain: meningkatkan kapasitas dan keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan ekowisata, melakukan upaya konservasi lingkungan secara berkelanjutan, mengembangkan produk dan paket wisata yang berbasis pada kearifan lokal, memperkuat promosi dan pemasaran ekowisata, dan membangun jejaring dan kemitraan yang sinergis antara pemerintah, swasta, akademisi, dan masyarakat.

Published
2024-07-16
Abstract viewed = 311 times
pdf downloaded = 383 times