Keputusan Penggunaan Aplikasi E-Commerce Tokopedia: Dampak Dari Brand Image Kepercayaan Dan Lifestyle (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi)

  • I Wayan Meryawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ngurah Rai
  • Mahayanti Fitriandari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ngurah Rai
Keywords: Brand Image, Kepercayaan, Lifestyle dan Keputusan Penggunaan

Abstract

Keputusan pengunaan aplikasi e-commerce dapat diukur dari adanya dampak secara bersama dan mandiri antara brand image, kepercayaan dan lifestyle. Pengukuran dampak tersebut menjadi capaian luran penelitian. Seberan populasi penelitian diambil dari jumlah mahasiswa yang telah menggunakan aplikasi e-commerce Tokopedia yang berjumlah 213 orang. Sampel penelitian berjumlah 68 orang melalui pendekatan slovin. Pemilihan sampel merujuk pada purposive sampling. Hipotesis penelitian diuji menggunakan pengujian hipotesis yang sesuai. Hasil pengujian mendapatkan hasil bahwa semua hipotesis terbukti. Brand image, kepercayaan dan lifestyle terbukti memiliki dampak yang kuat terjadinya keputusan penggunaan aplikasi e-commerce dikalangan mahasiswa. Implikasi hasil penelitian dapat memberikan rekomendasi terhadap terciptanya keputusan penggunaan aplikasi e-commerce melalui brand image, kepercayaan dan lifestyle.

Published
2024-07-15
Abstract viewed = 14 times
pdf downloaded = 30 times