Template MBE

Pengaruh Produk dan Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Produk UMKM pada Masa Pandemi Covid-19

 

Nama Penulis1*, Nama Penulis2, Nama Penulis3

1,2,3Institusi, Provinsi, Negara

xxxx@unr.ac.id, xxx@unr.ac.id

*Corresponding author: xxxx@unr.ac.id

 

Abstrak: Abstrak ditulis dalam satu paragraf dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang menjelaskan secara singkat tentang tujuan penelitian, masalah (dengan menyebutkan variabel yang diteliti), metodologi penelitian, sampel dan metode pengambilan sampel, hasil / temuan.

Kata Kunci: minat beli produk, pandemic covid-19, pemasaran online, produk.

 

Abstract: Abstract is written in one paragraph in Indonesian and English which briefly describes the research objectives, problems (by mentioning the variables studied), research methodology, samples and sampling methods, results / findings.

Keywords: interest in buying products, Covid-19 pandemic, online marketing, products.

 

PENDAHULUAN

Pendahuluan intinya berisi uraian masalah atau alasan penelitian atau pernyataan logis yang mengarah ke hipotesis atau tema pokok. Bagian Pendahuluan seharusnya terdiri dari: latar belakang umum penelitian (tips: usahakan maksimum satu paragraf), State of the art atau kajian singkat literatur penelitian lainnya (sebelumnya) yang mirip untuk menjustifikasi kebaruan / novelty penelitian dalam artikel ini (tips: satu hingga dua paragraf), Pustaka acuan di bagian state of the art penelitian sebelumnya harus mutakhir, relevan, dan asli (pustaka primer) ulasan pustaka tidak terlalu ekstensif, Gap analysis atau pernyataan kesenjangan atau kebaruan atau novelty berdasarkan state of the art (pernyataan kesenjangan sebaiknya mengandung dua unsur, yaitu dari sisi penting tidaknya riset dan apa keunikan atau kebaruan riset ini dibanding riset-risset sebelumnya), Hipotesis (jika ada) dinyatakan tidak selalu tersurat dan tidak perlu dalam bentuk kalimat tanya, tujuan penelitian, serta rumusan masalah.

 

 

METODE

Metode penelitian berisi penjelasan metode yang digunakan peneliti untuk menghasilkan temuan. Bagian ini harus menunjukkan prosedur ilmiah secara runtut yang dilakukan penulis hingga menghasilkan kesimpulan. Metode berisi pendekatan dan metode penelitian, sumber data/populasi dan sampel, cara pemilihan sampel/penentuan sumber data, instrumen dan metode pengumpulan data, dan teknik analisis data. Bagian ini berisi uraian prosedur dan langkah-langkah penelitian yang bersifat khas sesuai dengan topik yang dikaji. Panjang bagian metode berkisar 10—15 % total panjang naskah. Metode ditulis dengan Book Antiqua, spasi 1.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil disajikan secara bersistem dapat dilihat di „tujuan penelitian’ atau „hipotesis? dan harus didukung oleh olahan data dan ilustrasi yang baik. Narasi angka dalam tabel atau ilustrasi tidak diperlukan; setiap gambar dan tabel harus diacu di dalam teks begitu juga sebaliknya; pada pengacuan gambar atau tabel, jangan menggunakan kata-kata lokasi “di atas” atau “di bawah”, contoh hindari/tidak boleh: “Berdasarkan Gambar 1 di atas….”, “… disajikan di Tabel 3 berikut ini: …”

 

Tabel 1

Analisis Data

Nomor

Informan

Keterangan

1.

Bapak Hamid

Kepala desa

2.

Ibu Siti

Sekretaris desa

3.

Bapak Robi

Camat

 Sumber: dijelaskan, tahun

 

Gambar 1

Judul Gambar

Sumber: dijelaskan, tahun

 

Pembahasan menjadi aspek terpenting dari keseluruhan bagian penelitian dan selayaknya diberi ruang paling besar. Pembahasan berisi pemaknaan hasil penelitian yang telah diuraikan. Apa makna analisis data yang telah dihasilkan pada bagian hasil?  Bagian pembahasan ini merupakan bagian terpenting dari artikel sehingga author sehingga penulis diminta memberikan pembahasan yang lengkap dan jelas.

Pembahasan harus menunjukkan kebaruan dan temuan signifikan dari penelitian yang dilakukan. Pembahasan dilakukan dengan (1) menafsirkan temuan-temuan penelitian, (2) mengintegrasikan temuan dalam struktur ilmu pengetahuan, (3) menungkap temuan-temuan baru (teori baru atau modifikasi teori yang sudah ada), dan (4) penjelasan implikasi temuan secara teori dan praktis.

Gunakan hasil penelitian terbaru dai jurnal bereputasi untuk membahas temuan penelitian. Panjang paparan hasil penelitian dan pembahasan antara 50—60 % total panjang artikel. Bagian pembahasan ditulis dengan Book Antiqua 12.

Hal lain dalam penulisan naskah yang hendaknya dicermati. Tata cara penyajian kutipan, tabel, gambar, ilustrasi, statistik, dan daftar pustaka mengacu kepada Publication Manual of the American Psychological Association (edisi 6) dan APA Style Guide to Electronic References. Manuscript berbahasa Indonesia ditulis dengan mengacu kepada tata tulis dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

 

SIMPULAN

Simpulan menjawab tujuan dan kontribusi penelitian ini secara ringkas dan jelas. Dalam simpulan ini penulis diharapkan mampu menjabarkan intisari dari hasil penelitian secara umum sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

 

SARAN

Saran dibuat berdasarkan hasil penelitian yang akan disampaikan kepada objek penelitian serta arah penelitian masa depan.

 

UCAPAN TERIMAKASIH

Bagian ini digunakan untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada mereka yang terlibat dalam penelitian seperti penyandang dana, sponsorship, dan mentor.

 

REFRENSI

Refrensi yang dicantumkan hanya refrensi yang dikutip pada isi artikel. Penulisan refrensi wajib menggunakan tools Mendeley dengan gaya penulisan menggunakan American Psychological Association (edisi 6). Semua artikel wajib lolos uji plagiasi dan akan di cek plagiasi menggunakan tools iThenticate.

 

Armiati, Leo, F. (2016). Manajemen Kantor. Jakarta: Kencana.

Chabrak, N., & Craig, R. (2013). Student Imaginings, Cognitive Dissonance and Critical Thinking. Critical Perspectives on Accounting, 24(2), 91-104. https://doi.org/10.1016/j.cpa.2011.07.008

Wardani, Aris, T. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Asriel, A. S.,

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Jurnal Pariwisata Budaya, 3(2), 81-92