ANALASIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN (PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOMSUMEN DI MINIMARKET ALFAMART ATAU INDOMARET : STUDI KASUS MAHASISWA/I INSTITUT AGAMA ISLAM TAZKIA

  • Nafizatul azmi azmi Bogor
Keywords: produk, harga, lokasi, promosi, keputusan pembelian

Abstract

Abstrak: Minimarket di Indonesia meningkat dari tahun 2015 hingga 2020 sebesar 39 persen. Jumlahnya meningkat dari 26.102 gerai pada tahun 2015 menjadi 36.146 gerai pada tahun 2020. Pada tahun 2020, dua minimarket terbesar di Indonesia, Indomaret dan Alfamart, masing-masing memiliki 18.271 gerai, masing-masing.  Alfamart dan Indomaret dapat memenuhi hampir semua kebutuhan pelanggan, baik kebutuhan utama maupun sekunder.  Produk ini memiliki kualitas yang baik dan harganya kompetitif.  Selain itu, lokasi dua minimarket ini yang dapat ditemukan di hampir setiap tempat, adalah yang paling menonjol. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada responden yang pernah melakukan pembelian pada Alfamart atau Indomaret. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah produk, harga, lokasi, dan promosi dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian bagi mahasiswa IAI Tazkia Bogor. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa IAI Tazkia yang berbelanja di Alfamart atau Indomaret. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling melalui penyebaran kuesioner dengan google form. Data yang  dianalisa uji instrument, uji asumsi klasik, uji stastistik, dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Produk berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Harga berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) Lokasi berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (4) Promosi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian

Kata Kunci: produk, harga, lokasi, promosi, keputusan pembelian

 

Published
2023-03-30
Abstract viewed = 10 times
ANALASIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN (PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOMSUMEN DI MINIMARKET ALFAMART ATAU INDOMARET: STUDI KASUS MAHASISWA/I INSTITUT AGAMA ISLAM TAZKIA downloaded = 1 times