SENDANG BIRU TOURISM PENCIPTAAN VALUE CREATION SEBAGAI OPTIMALISASI PENGEMBANGAN POTENSI WISATA BAHARI BERBASIS PENTA HELIX MODEL

  • Ida Ayu Githa Girindra Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
Keywords: Bahari, Wisata Bahari, Penciptaan Nilai, Penta-Helix

Abstract

Pantai Sendang Biru yang terletak di Kabupaten Malang memiliki potensi sumber daya dengan pengembangan di bidang sosial ekonomi. Selain itu, Pantai Sendang Biru juga merupakan koridor depan di Cagar Alam Pulau Sempu yang mempengaruhi kerentanan kawasan karena kedekatannya dan banyaknya aktivitas masyarakat di Pantai Sendang Biru. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisisnya adalah SWOT. Hasil penelitian adalah Pantai Sendang Biru berpotensi menjadi penopang utama, seperti budidaya ikan tangkap, sentra nelayan, lokasi yang strategis dengan Cagar Alam Pulau Sempu, dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Potensi ini terintegrasi dalam bentuk pengembangan wisata bahari terpadu, penciptaan nilai, dan terintegrasi menjadi solusi dalam memanfaatkan potensi pesisir. Implikasi pengembangan potensi pesisir mampu 1) Memberdayakan masyarakat; 2) Kesejahteraan masyarakat; 3) Meningkatkan kreativitas dan produktivitas; 4) Meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat; dan 5) potensi strategi branding Pantai Sendang Biru. Pengembangan wisata bahari membutuhkan strategi berbasis Penta-Helix yang mengakomodir kelima pemangku kepentingan sesuai perannya masing-masing. Penggunaan strategi berbasis Penta-Helix merupakan salah satu bentuk agenda revolusi industri 4.0 yaitu penguatan ekonomi industri.

 

References

BPS Kabupaten Malang. 2018. Produksi Perikanan Tangkap Menurut Kecamatan dan Subsektor Di Kabupaten Malang 2014 – 2017.

Departemen Komunikasi. 2016. Pengembangan Potensi Indonesia di Bidang Maritim dan Pariwisata. Jakarta: Bank Indonesia.

Gerintya, Scholastica. 2017. Benarkah Ekspor Perikanan Indonesia Kuat?. https://tirto.id/benarkah-ekspor-perikanan-indonesia-kuat-cuhH. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2018. Pukul 20.00 WIB.

Ghofar, Abdul. 1999. Analsis Implikasi Pemikiran dan Penafsiran Akuntansi dari Paradigma Mainstream Barat dan Paradigma Islam dalam Kerangka Analisis Konsep TAO (Studi Kualitatif Komparatif Akuntansi Mainstream dan Akuntansi Alternatif dalam Pembentukan Akuntansi Humanis. Skripsi (S1). Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Brawijaya, Malang.

Halibas, A. S., Sibayan, R. O., & Maata, R. L. R. 2017. The Penta Helix Model Of Innovation In Oman: An Hei Perspective. Interdisciplinary Journal of Information, Knowledge & Management, 12.

Handartoputra, Aly dkk. 2015. Penilaian Kerentanan Pantai Di Sendang Biru Kabupaten Malang Terhadap Variabel Oceanografi Berdasarkan Metode Cvi (Coastal Vulnerability Index). Jurnal Management of Aquatic Resources. vol. 4, no. 1, hal. 91-97, 2015.

Hermawan, David. 2006. Prospektif Pengembangan Kawasan Pesisir Sendang Biruuntuk Industri Perikanan Terpadu. Jurnal Protein, vol. 13, no. 2, hal. 203-210,2006. https://malangkab.bps.go.id/statictable/2016/09/07/561/produksi-perikanan-tangkap-menurut-kecamatan-dan-subsektor-di-kabupaten-malang-2014---2016.html. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2018. Pukul 20.00 WIB.

Indiarto, Nur dan Bambang Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. BPFE : Yogyakarta.

Kartajaya Hermawan. (2009). New Wave Marketing, The World is Still Round The Market is Already Flat. Indonesia: Gramedia.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta. Erlangga.

Muhyi, H. A., Chan, A., Sukoco, I., & Herawaty, T. 2017. The Penta Helix Collaboration Model in Developing Centers of Flagship Industry in Bandung City.

Porter, E. M. 1985. Competitive Advantage-Creating and Sustaining SuperiorPerformance, New York: Free Press.

Prahalad , C. K., & Ramaswamy, V. 2004. Co-creation Experience: The Next Practice in Value Creation. Harvard University of Michigans Business School Press : vol. 18, p.23.Pusat Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan. 2018. Produksi Perikanan PP. Pondok Dadap.http://pipp.djpt.kkp.go.id/profil_pelabuhan/1338/kapal_alat_tangkap Diakses pada tanggal 28 Oktober 2018. Pukul 20.00 WIB.

Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT: Tekinik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Republik Indonesia. 2014. Undang-undang UU Nomor 01 Tahun 20 / 2014 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau - Pulau Kecil. Sekretaris Negara. Jakarta. Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R., Ramdani, H., & Hendriyanto, A. 2017. Strategi Pengembangan UKM Digital dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136-147.

Tim Penulis Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian, Artikel, dan Makalah. Universitas Negeri Malang : Malang.

Tonkovic, A. M., Veckie, E., & Veckie, V. W. 2015. Aplications Of Penta Helix Model In Economic Development. Economy of eastern Croatia yesterday, today, tommorow, 4, 385-393.

Zamalludin. 2006. Analisis Model Penciptaan Nilai (Value CreationI) dengan Mempertimbangkan Perbaikan Proses Bisnis untuk Meningkatkan Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan di POS EXPRESS PT POS INDONESIA. Bandung: Universitas Widyatama. Skripsi
Published
2020-12-15
Section
Articles
Abstract viewed = 722 times
SENDANG BIRU TOURISM PENCIPTAAN VALUE CREATION SEBAGAI OPTIMALISASI PENGEMBANGAN POTENSI WISATA BAHARI BERBASIS PENTA HELIX MODEL downloaded = 407 times