EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBERIAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN

Studi Pada Bidang Tata Ruang Bangunan Dan Perumahan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Karangasem

  • I Gede Agus Pratama Alumni Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNR
  • Ida Bagus Suteja Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNR
Keywords: Efektivitas, Pelayanan, Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan jelas pelaksanaan tata cara pelayanan yang dilakukan aparatur sipil pemerintah dalam pembuatanijin mendirikan bangunan di KabupatenKarangasem dan faktor- faktor yang mempengaruhinya dalam pelaksanaan pelayanan yang dilakukan aparatur sipil pemerintah dalam ijin mendirikan bangunan. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari para pejabat dan petugas yang secara langsung menangani pelaksanaan pemungutan retribusi ijin mendirikan bangunan di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Karangasem serta salah satu masyarakat sebagai subyek yang sudah pernah mencari atau mengurus ijin mendirikan bangunan,  dan data sekunder yang diperoleh dari bahan kepustakaan yang berkaitan dengan judul skripsi. Teknik pengumpilan data dilakukan dengan teknik pengamatan/observasi, wawancara/interview dan studi dokumen. Setelah data terkumpul selanjutnya di analisis secara kualitatif melalui langkah-langkah mereduksi data yang telah didapatkan, kemudian menyajikan dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa Kewenangan dalam pelayana ijin mendirikan bangunan, membuat kajian sampai dengan menerbitkan rekomendasi teknis dan perhitungan dalam menentukan besarnya retribusi ada pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Karangasem dan Hasil pemungutan dalam 3 tahun terakhir (2012 s/d 2015) mengalami penurunan dan pencapain target tidak konsisten karena kurangnya jumlah masyarakat yang mengurus izin mendirikan bangunan. Ini disebabkan karena kurangnya sosialisasi kepada masyarakat dan kurang baiknya pelayanan sehingga masyarakat menjadi malas untuk mengurus IMB.Upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan Efektivitas pelayanan pada pembuatan ijinmendirikan bangunan di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Karangasem yaitu1) Meningktakan sumber daya manusia terutama aparatus sipil pemerintah dengan cara memberikan pelatihan khusus bagi staf administrasi dan teknis dan mengadakan diklat. 2) Adanya sosialisasi peraturan-peraturan yang mengatur tentang Ijin Mendirikan Bangunan. Sosialisasi peraturan- peraturan yang mengatur tentang ijin mendirikan bangunan dapat meningkatkan keasadaran masyarakat dalam melaksanakan kewajibannya mengajukan permohonan ijin mendirikan bangunan dan membayar uang retribusi sehingga bisa meningkatkan penerimaan retribusi ijin mendirikan bangunan dan penerimaan pendapatan asli daerah.  3) Adanya sumber daya yang mendukung baik sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun finansial. Sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun finansial sangatlah penting dalam melaksanakan sebuah kebijakan dan sangat mempengaruhi dalam melaksanakan pelayanan yang efektif.

Published
2017-02-28
How to Cite
Pratama, I. G., & Suteja, I. B. (2017). EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBERIAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN. Jurnal Widyanata, 14(02), 83-88. Retrieved from http://ojs.unr.ac.id/index.php/widyanata/article/view/216
Abstract viewed = 55 times
downloaded = 51 times