PERKEMBANGAN DUA LOKASI KAMPUS UNIVERSITAS UDAYANA TERHADAP PERKEMBANGAN FASILITAS WILAYAH SEKITARNYA

  • Putu Surya Wedra Lesmana Teknik Informatika STMIK STIKOM Indonesia
Keywords: Perguruan Tinggi, Kampus, Wilayah

Abstract

Penelitian ini tentang tiga kampus Universitas Udayana yang terletak di dua lokasi wilayah terhadap perkembangan fasilitas wilayah sekitarnya. Dimana dua kampus yang disebut kampus Nias dan kampus Sudirman berlokasi di wilayah yang sama, yaitu desa Dauh Puri Kelod sebagai pusat kota Denpasar. Sedangkan satu lokasi kampus yang disebut dengan kampus Bukit,   terletak di Kelurahan Jimbaran sebagai wilayah pinggiran dan destinasi pariwisata serta lintasan pariwisatadi Kabupaten Badung.

Pertanyaan penelitian sebagai berikut.  1) Seperti apa perkembangan dua lokasi   kampus Universitas  Udayana pada periode tahun 2006-2013? 2) Bagaimana pengaruh perkembangan dua lokasi kampus Universitas Udayana terhadap perkembangan fasilitas wilayah sekitarnya pada periode tahun 2006-2013?  Penelitian ini mempergunakan metodologi deduktif kualitatif  dengan pendekatan rasionalistik.

Hasil penelitian mendapatkan bahwa, sehubungan dengan adanya kebijakan pengembangan yang sama terhadap seluruh fakultas, menyebabkan Kampus Nias dan Kampus Sudirman mengalami perkembangan fisik dan fasilitas kegiatan perkuliahan yang lebih pesat dibandingkan Kampus Bukit. Adanya kecenderungan prioritas pemakaian dan pengembangan Kampus Nias dan Kampus Sudirman dibanding kampus Bukit.

Hasil penelitian tentang pengaruh perkembangan kampus terhadap perkembangan fasilitas wilayah sekitarnya   ditemukan bahwa, terjadi hubungan yang saling mempengaruhi dan saling menguatkan.Wilayah sekitar Kampus Nias dan  Sudirman  lebih dominan  berpengaruh terhadap  kegiatan  internal kampus, dibandingkan dengan pengaruh kegiatan internal kampus, terhadap perkembangan wilayah. Sedangkan hubungan kegiatan internal Kampus Bukit dengan wilayah sekitarnya, saling berpengaruh secara seimbang.

Disarankan, bahwa kebijakan Universitas Udayana hendaknya tidak hanya berdasarkan keadilan terhadap seluruh fakultas pada ketiga lokasi kampus, namun juga berdasarkan kebutuhan dan kemampuan masing-masing kampus dan prodi-prodi.

Published
2016-09-30
How to Cite
Lesmana, P. S. (2016). PERKEMBANGAN DUA LOKASI KAMPUS UNIVERSITAS UDAYANA TERHADAP PERKEMBANGAN FASILITAS WILAYAH SEKITARNYA. Jurnal Teknik Gradien, 8(2), 199-212. Retrieved from http://ojs.unr.ac.id/index.php/teknikgradien/article/view/97
Section
Articles
Abstract viewed = 36 times
downloaded = 312 times