ANALISA PERBANDINGAN PERILAKU STRUKTUR GEDUNG PLAT LANTAI BETON KONVENSIONAL DENGAN PLAT LANTAI KALSI

  • I Gusti Made Sudika Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
  • Ni Kadek Astariani
  • I Dewa Made Iwan Sastra Ciptadi
Keywords: Kalsiboard, beton, pelat lantai, ETABS, perilaku struktur, biaya struktur

Abstract

Kalsiboard merupakan salah satu alternatif yang digunakan dalam pembuatan pelat lantai sebagai pengganti beton konvensional. Penggantian pelat lantai beton konvensional dengan kalsiboard menyebabkan adanya perbedaan kekakuan struktur, bahan bangunan dan sistem pemasangannya serta perbedaan pada biaya bahan dan biaya kerja (upah) yang dikeluarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perilaku dan biaya struktur gedung dalam penggunaan pelat lantai berbahan beton konvensional yang dibandingkan dengan penggunaan pelat lantai berbahan kalsi pada Proyek Pembangunan Gedung Arsip Dan Parkir Kendaraan Roda 4 (empat) Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng - Bali.

Analisis dilakukan terhadap penggunaan bahan dalam pekerjaan pelat lantai yang diganti dengan bahan kalsi floor 20 dengan menyesuaikan struktur bangunan sesuai dengan panduan kalsi dengan cara pemodelan struktur. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan software ETABS.

 Hasil analisis menunjukkan penggunaan kalsi pada struktur pelat lantai menyebabkan perubahan dimensi pada struktur. Deformasi yang terjadi pada struktur yang memakai pelat lantai kalsi yang dimana dimensi strukturnya di perkecil (Pelat Kalsi B) memiliki besaran nilai yang paling besar dari pada struktur yang memakai pelat lantai beton dan pelat lantai kalsi dengan dimensi yang sama dengan beton (Pelat Kalsi A). Struktur pelat lantai beton memiliki nilai Dirft Ratio yang lebih kecil terhadap struktur pelat lantai kalsi B, namun memiliki nilai Drift ratio yang lebih besar jika di bandingkan dengan kalsi A. Struktur yang menggunakan pelat lantai beton memiliki berat struktur yang lebih besar 35,832 % (83420,543 kg) dibandingkan dengan yang menggunakan pelat lantai kalsi (Kalsi B). Hasil perhitungan RAB pada penggunaan pelat lantai kalsi (Kalsi B) memiliki selisih nilai yang lebih kecil 10.363 % yaitu sebesar Rp. 177.631.820,50 dari RAB pada penggunaan pelat lantai beton. Dengan demikian berdasarkan analisa penghitungan biaya dan berat struktur, penggunaan kalsiboard lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan beton.

Published
2019-02-23
How to Cite
Sudika, I. G., Astariani, N. K., & Iwan Sastra Ciptadi, I. D. (2019). ANALISA PERBANDINGAN PERILAKU STRUKTUR GEDUNG PLAT LANTAI BETON KONVENSIONAL DENGAN PLAT LANTAI KALSI. Jurnal Teknik Gradien, 10(2), 1-14. Retrieved from https://ojs.unr.ac.id/index.php/teknikgradien/article/view/31
Section
Articles
Abstract viewed = 621 times
ANALISA PERBANDINGAN PERILAKU STRUKTUR GEDUNG PLAT LANTAI BETON KONVENSIONAL DENGAN PLAT LANTAI KALSI downloaded = 6 times