EVALUASI KINERJA RUANG PARKIR RUMAH SAKIT UMUM PUSAT SANGLAH DENPASAR

Studi kasus : Parkir Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar

  • Wayan Diasa Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
  • Gede Sumarda Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
  • Anak Agung Gede Aditya Septyana Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
Keywords: Karakteristik parkir, Kapasitas parkir

Abstract

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar adalah rumah sakit rujukan di Bali. Keberadaan rumah sakit sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang terjadi di masyarakat. Dengan sangat ramainya RSUP Sanglah Denpasar dikunjungi pasien yang hendak berobat, menyebabkan salah satu penunjang fasilitas yaitu, parkir RSUP Sanglah menjadi sangat padat.Tujuan penelitian ini adalahmenganalisis karakteristik parkir RSUP Sanglah Denpasar (volume parkir, akumulasi parkir, durasi parkir, tingkat pergantian, parking supply, indeks parkir), dan untuk mengetahui berapa kapasitas parkir yang diperlukan agar mampu menampung kendaraan pada RSUP Sanglah Denpasar.

Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dilakukan dengan cara survey ke lapangan (data primer), dan data sekunder diperoleh dari instansi yang terkait dokumen dan jurnal.

Dari hasil diperoleh bahwa karakteristik parkir pada RSUP Sanglah Denpasar yaitu volume parkir mobil sebanyak 1006 kendaraan dan volume parkir sepeda motor sebanyak 6891 kendaraan. Akumulasi parkir paling banyak untuk kendaraan mobil yang masuk areal parkir sebanyak 525 kendaraan pukul 07.45 - 08.00 WITA dan akumulasi paling banyak untuk kendaraan sepeda motor yang masuk areal parkir sebanyak 3.350 kendaraan pukul 15.00-15.15 WITA. Durasi Parkir mobil selama 6,72 jam/ kendaraan dan durasi parkir sepeda motor selama 6,96 jam/kendaraan. Pergantian parkir mobil selama 4,46 kendaraan/stal/jam dan pergantian parkir sen Sepeda Motor 4 jam)or Hari sUP sanglahpeda motor selama 4,25 kendaraan/stal/jam. Penyediaan parkir mobil selama survey (14 jam) sebanyak 560 kendaraan dan penyediaan parkir sepeda motor selama survey  sebanyak 3.932 kendaraan.Kapasitas parkir mobil sebanyak 44,43 kendaraan/jam dan kapasitas parkir sepeda motor  sebanyak 312 kendaraan/jam.

Published
2019-11-06
Section
Articles
Abstract viewed = 17 times
downloaded = 25 times