KORELASI NILAI UJI KUAT TEKAN KUBUS DENGAN NILAI PANTULAN UJI PALU PADA BETON MENGGUNAKAN AGREGAT DESA TAKARI-TIMOR

  • I Gusti Ngurah Partama Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
  • Rani Hendrikus Prodi Teknik Sipil UNWIRA Kupang
  • Dorotheus Agung Mosesda Alumni Prodi Teknik Sipil UNWIRA Kupang
Keywords: Korelasi, kubus beton, hammer test, Takari-Timor

Abstract

Untuk mendapatkan hasil pengujian kuat tekan beton dengan hammer test perlu dilakukan kajian untuk melihat korelasi nilai pantulan dengan mutu beton yang akurat dan aktual. Penelitian ini difokuskan untuk beton dengan agregat dari Desa Takari-Timor dengan benda uji kubus sebagai penentu kuat tekan kontrol.

Kajian ini dilakukan dengan menyiapkan 3 buah benda uji dalam bentuk kubus 15x15x15 cm untuk masing-masing mutu beton K-175, K-200, K-225, K-250 dan K-300. Pengujian kuat tekan dengan compression testing machine dan hammer test dilakukan pada umur benda uji 28 hari. Kuat tekan beton sesuai hasil compression testing machine dipakai sebagai mutu beton kontrol. Analisis dilakukan dengan membuat korelasi dalam persamaan regresi linear sederhana. Nilai koefesien korelasi r dan koefesien determinasi r2 dihitung untuk dapat melihat seberapa kuat hubungan dan berapa persentase kontribusi variabel bebas (Nilai pantulan palu) menentukan nilai variabel tak bebas (Kuat tekan beton).

Hasil penelitian ini menyimpulkan untuk beton yang menggunakan agregat Desa Takari-Timor ditunjukkan dengan suatu persamaan Y = 30,68X – 731,16 dimana X = Nilai rebound, Y = Nilai kuat tekan (kg/cm²), dengan nilai r =0,85 dan r2 = 0,725.

Published
2019-11-05
Section
Articles
Abstract viewed = 23 times
downloaded = 125 times