PERANCANGAN TAMAN REKREASI DI KOTA DENPASAR

  • Rai Gede Nara Kusuma Alumni Prodi Teknik Arsitektur Universitas Ngurah Rai
  • I Gusti Bagus Adnyanegara Prodi Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
  • Made Mariada Rijasa Prodi Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
Keywords: Taman Rekreasi, Denpasar

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang potensi dan pengembangan Taman Rekreasi di Kota Denpasar dalam pencapaiannya menjadi salah satu tempat tujuan rekreasi dan sebagai salah satu tempat pendidikan yang berbasis wisata di Denpasar. Tulisan ini bertujuan untuk menjawab permasalahan, yaitu bagaimana konsep taman rekreasi yang sesuai dengan keadaan di Kota Denpasar dan menjadikan konsep serta potensi tersebut sebagai objek serta daya tarik wisata, melalui perancangan taman rekreasi yang bercirikan budaya lokal, diusahakan pengembangan taman rekreasi kota ini menjadi atraksi rekreasi dan edukasi yang menarik.

Tulisan ini dimulai dari menyusun data dan menganalisa potensi lingkungan untuk dijadikan landasan konseptual dan program dasar perancangan Taman Rekreasi di Kota Denpasar. Selanjutnya mewujudkan  rancangan bangunan Rekreasi yang sesuai dengan konsep Tradisional Bali. Taman rekreasi yang sudah ada di Denpasar seperti Art Centre , Desa Budaya Kesiman Kertalangu sebagai acuan dalam pembuatan  tulisan ini. Dari taman rekreasi yang sudah ada didapat potensi, masalah, sasaran, fungsi, study kelayakan dan aktivitas serta kapasitas. Pendekatan konsep dasar dilandasi oleh aspek hakekat dari taman rekreasi di kota denpasar, dan konsep dasar yang digunakan adalah rekreatif, edukatif, fleksible, dan tema yang digunakan adalah arsitektur Neo Vernakular yang Kontemporer.

Dalam penentuan luas tapak untuk bangunan bersifat komersil KDB yang diijinkan maksimum 50% dan area terbuka 50% dengan ketinggian bangunan maksimum 15 m atau setinggi pohon kelapa dan tempat parkir minimum 30% dari luas lahan. Luas kebutuhan ruang dibagi tiga yaitu ruang pengunjung, pengelola dan servis. Luas ruang pengunjung adalah 25732.00 m2, luas ruang pengelola adalah 825.00 m2, luas ruang servis adalah 216.00 m2, ditambah dengan ruang terbuka hijau sebesar 50%, maka luas total site adalah 62000.00 m2.

Pemilihan lokasi permukiman yang terdapat di wilayah Kota Denpasar dengan melalui kriteria yang ada. Lokasi yang terpilih ada di Jl. Cargo Permai, Denpasar dengan luas total site adalah 62000.00 m2.

Published
2017-09-29
Section
Articles
Abstract viewed = 106 times
downloaded = 116 times