EVALUASI KINERJA JARINGAN IRIGASI PADA DAERAH IRIGASI BAJING SELUAS 425 HA KECAMATAN RENDANG, KARANGASEM BALI

  • Rani Wirawati Alumni Prodi Teknik Sipil Universitas Ngurah Rai
  • I Made Sudiarsa Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
  • I Ketut Soriarta Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
Keywords: Evaluasi Kinerja, Efisiensi Irigasi, Water Balance

Abstract

Daerah irigasi Bajing merupakan salah satu DI yang termasuk dalam DAS Tukad Unda dengan luas baku 425 Ha. Sumber airnya berasal dari Tukad Telagawaja. Bangunan utama berupa bangunan bendung yang terletak di Desa Pesaban, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Pada daerah irigasi ini terdapat beberapa permasalahan diantaranya : Pintu air dan rumah pintu pada beberapa bangunan mengalami kerusakan, banyak sampah dan endapan pada beberapa ruas saluran yang menghalangi aliran air, serta beberapa ruas saluran masih berupa saluran tanah.

Dalam penelitian dilakukan analisis ketersedian air irigasi, analisis kebutuhan air irigasi, analisi imbangan air, analisis efisiensi. Obyek penelitian dilakukan pada DI Bajing di saluran Primer dan Sekunder (BB1-BS3).

Dari hasil analisis diperoleh Efisiensi DI Bajing khususnya di jaringan Subak Selat sebesar 84.95% yang berarti sangat efisien walaupun masih perlu dilakukan perbaikan-perbaikan pada beberapa titik saluran. Sedangkan imbangan air (water balance) pada DI Bajing sudah mencukupi dari kebutuhan air meskipun pada beberapa periode mengalami kekurangan air yaitu pada Periode Juni I sebesar 140.018 lt/dt dan pada periode Juli II sebesar 84.603 lt/dt.

Published
2017-03-31
How to Cite
Wirawati, R., Sudiarsa, I. M., & Soriarta, I. K. (2017). EVALUASI KINERJA JARINGAN IRIGASI PADA DAERAH IRIGASI BAJING SELUAS 425 HA KECAMATAN RENDANG, KARANGASEM BALI. Jurnal Teknik Gradien, 9(1), 163-180. Retrieved from http://ojs.unr.ac.id/index.php/teknikgradien/article/view/140
Section
Articles
Abstract viewed = 154 times
downloaded = 282 times