ANALISA PENAMBAHAN DEBIT AIR DENGAN SISTEM EMBUNG DI SEKITAR DAERAH KECAMATAN RENDANG KABUPATEN KARANGASEM

  • I Wayan Pasir Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
Keywords: Pertambahan Penduduk, Kekurangan Air, Pembangunan Embung

Abstract

Kabupaten Karangasem salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Bali dengan pertambahan penduduk yang begitu cepat. Satu-satunya sumber air yang bisa dimanfaatkan adalah air hujan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan pembangunan Embung. Dengan adanya pembangunan embung, maka air pada musim penghujan dapat ditampung, yang nantinya akan dimanfaatkan selama musim kemarau guna membantu pemenuhan kebutuhan air penduduk setempat.

Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan pembangunan Embung. Dengan adanya pembangunan embung, maka air pada musim penghujan dapat ditampung, yang nantinya akan dimanfaatkan selama musim kemarau guna membantu pemenuhan kebutuhan air penduduk setempat.

Tukad Batu merupakan salah satu sungai yang berada di Kabupaten Karangasem yang merupakan sungai kecil pada bagian hulu daerah pengaliran Tukad Telagawaja.

Dalam menghitung curah hujan rata-rata harian maksimum digunakan metode rata-rata aljabar.

Published
2017-09-29
How to Cite
Pasir, I. W. (2017). ANALISA PENAMBAHAN DEBIT AIR DENGAN SISTEM EMBUNG DI SEKITAR DAERAH KECAMATAN RENDANG KABUPATEN KARANGASEM. Jurnal Teknik Gradien, 9(2), 34-50. Retrieved from https://ojs.unr.ac.id/index.php/teknikgradien/article/view/115
Section
Articles
Abstract viewed = 377 times
ANALISA PENAMBAHAN DEBIT AIR DENGAN SISTEM EMBUNG DI SEKITAR DAERAH KECAMATAN RENDANG KABUPATEN KARANGASEM.pdf downloaded = 253 times