INDEKS PLASTISITAS TANAH LEMPUNG YANG DISTABILISASI DENGAN VARIASI CAMPURAN LIMESTONE, KAPUR PADAM, ABU SEKAM DAN SEMEN

  • I Made Sudarma Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
Keywords: Stabilisasi, Tanah Lempung, Indeks Plastisitas

Abstract

Tanah mempunyai peranan penting dalam ilmu teknik sipil, karena tanah sebagai pendukung kekuatan konstruksi dasar bangunan. Tanah lempung selain memiliki daya dukung tanah yang sangat rendah, juga menunjukkan sifat plastisitas dan kohesi serta mempunyai kembang susut yang tinggi. Pengaruh kembang susut tanah dapat dikurangi dengan memperbaiki kondisi tanah dengan cara menstabilisasi. Penulis mencoba beberapa stabilisasi tanah lempung terhadap variasi prosentase campuran material tambahan seperti Limestone, Kapur Padam, Abu Sekam dan Semen Tipe I. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar penurunan nilai indeks plastisitas (PI) tanah, dengan meneliti sifat-sifat fisis tanah yang dipakai sebagai penelitian.

Untuk penelitian ini sampel tanah diambil dari daerah Bukit Jimbaran-Badung dan dilakukan penelitian dilaboratorium dengan mencampur tanah kohesif dengan prosentase 0%, 3%, 6%, 9%, 12% dan 15% dengan material tambahan seperti Limestone, Kapur Padam, Abu Sekam dan Semen Tipe I. Selanjutnya dilakukan analisa terhadap hasil-hasil penelitian Atterberg limit dilaboratorium meliputi analisa terhadap nilai indeks plastisitas (PI).

Dari hasil penelitian dan analisa data didapatkan bahwa stabilisasi tanah lempung dengan Limestone, Kapur Padam, Abu Sekam dan Semen Tipe I dapat merubah sifat-sifat fisis tanah lempung (index properties), seperti menurunkan kadar air (w), meningkatkan kepadatan (g), memperbaiki berat jenis tanah (Gs) dan menurunkan nilai indeks plastisitas (PI) tanah.

Published
2018-02-28
How to Cite
Sudarma, I. M. (2018). INDEKS PLASTISITAS TANAH LEMPUNG YANG DISTABILISASI DENGAN VARIASI CAMPURAN LIMESTONE, KAPUR PADAM, ABU SEKAM DAN SEMEN. Jurnal Teknik Gradien, 10(1), 96-111. Retrieved from http://ojs.unr.ac.id/index.php/teknikgradien/article/view/114
Section
Articles
Abstract viewed = 119 times
downloaded = 492 times