ANALISA PEMANFAATAN AIR DAERAH IRIGASI GUNUNG SARI KECAMATAN BLAHBATUH KABUPATEN GIANYAR

  • I Wayan Pasir
Keywords: Debit banjir andalan, Kebutuhan air, Kekurangan air

Abstract

Air merupakan kebutuhan yang hakiki bagi semua mahluk yang hidup di bumi ini Maka dari itu kita sebagai umat manusia jangan terlalu boros menggunakan air bisa merugikan kebutuhan air bagi petani untuk mengairi sawahnya. Pada kecamatan Blahbatuh ada satu desa adalah desa bedahulu yang di lalui oleh aliran air DAS Tukad Petanu yang mengairi daerah irigasi Gunung Sari. Maksimalnya aliran air untuk persawahan masyarakat otomatis menambah produksi pangan masyarakat karena tanaman padi tumbuh dengan baik dan program pemerintah untuk swasembada pangan dapat terpenuhi.
Rumus-rumus dan teori yang ada digunakan pada penjelasan hal ini antara lain, debit banjir, intensitas lebih tajam dan buangan limbah tetangga-tetangga disamping itu juga untuk dinding penahan dan volume semua yang masuk ke sungai.
Data yang diperlukan di dalam penelitian ini adalah data primer di dapat secara langsung dilapangan sedangkan data sekunder di dapat dari beberapa instansi terkait.
Penetapan alternatif pola tata tanam terkait kebutuahan air irigasi, ditinjau berdasarkan nilai defisit yang terkecil neraca air selama setahunnya.

Published
2018-09-28
How to Cite
Pasir, I. W. (2018). ANALISA PEMANFAATAN AIR DAERAH IRIGASI GUNUNG SARI KECAMATAN BLAHBATUH KABUPATEN GIANYAR. Jurnal Teknik Gradien, 10(2), 59-76. Retrieved from https://ojs.unr.ac.id/index.php/teknikgradien/article/view/110
Section
Articles
Abstract viewed = 175 times
ANALISA PEMANFAATAN AIR DAERAH IRIGASI GUNUNG SARI KECAMATAN BLAHBATUH KABUPATEN GIANYAR.pdf downloaded = 191 times