PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA PENYALUR TENAGA KERJA INDONESIA PADA PT. INTERISLAND BALI

  • Ni Kadek Wetiasih Fakultas Ekonomi Universitas Ngurah Rai
  • I Made Sumartana Fakultas Ekonomi Universitas Ngurah Rai
Keywords: Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth, Keputusan Pemakaian Jasa

Abstract

Tenaga kerja luar negeri merupakan salah satu sumber penerimaan devisa. Menyadari pentingnya
peranan tenaga kerja guna mendatangkan devisa negara maka banyak cara dilakukan agar
dapat mempermudah penyaluran tenaga kerja ke luar negeri, salah satunya dengan mendirikan
perusahaan jasa untuk memudahkan para pencari kerja dalam mencari informasi lowongan dan
pelatihan menjadi tenaga kerja luar negeri\. PT. Interisland Bali dalam menghadapi persaingan
berusaha meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan sehingga dapat meningkatkan
keputusan pemakaian jasa. Dengan timbulnya komentar yang baik, maka pelanggan akan
memberikan informasi tentang jasa yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen lain melalui
word of mouth. Data dianalisis dengan analisis regresi linier berganda, analisis determinasi,
uji regresi parsial (uji t) dan uji regresi serempak (uji F). Hasil analisis uji t, variabel kualitas
pelayanan diperoleh t-hitung 3,692 dan variabel word of mouth diperoleh t-hitung 6,532 sedangkan
t-tabel 1,667 terletak pada daerah penolakan H0. Ini berarti hipotesis yang diajukan terbukti dimana
kualitas pelayanan dan word of mouth secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pemakaian jasa penyalur tenaga kerja pada PT. Interisland Bali di Denpasar. Hasil analisis
uji F menunjukkan nilai F-hitung 41,889 lebih besar dari nilai F-tabel 3,130 terletak pada daerah
penolakan H0 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Ini berarti hipotesis yang diajukan terbukti
dimana kualitas pelayanan dan word of mouth secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pemakaian jasa penyalur tenaga kerja pada PT. Interisland Bali di Denpasar.

Published
2019-03-12
Section
Articles
Abstract viewed = 48 times
downloaded = 4 times