PENGARUH HARGA DAN ULASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE

  • Kuswanto * Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
  • Resista Vikaliana Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
Keywords: Harga, Ulasan Produk, Keputusan Pembelian Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh harga dan ulasan produk
terhadap keputusan pembelian online pada Toko Emershop di Tokopedia.com.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Regresi linier
berganda digunakan untuk menganalisis data. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah
melakukan transaksi pembelian di Toko Emershop daiTokopedia.com selama tiga bulan dengan jumlah
367 orang dengan sampel sebanyak 73 responden, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh model regresi linier berganda Y = 7,269 + 0,510X1+0,522X2
Sedangkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, harga dan review produk berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online. Hasil uji F menunjukkan bahwa semua variabel
independen dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Nilai R
Square sebesar 0,714 yang artinya variabel harga dan ulasan produk mempengaruhi keputusan pembelian
online sebesar 71,4%, sedangkan sisanya 28,6% dipengaruhi oleh variabel di luar variabel yang diteliti.

Published
2020-09-30
Abstract viewed = 32 times
downloaded = 51 times