Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Kayumanis Ubud Private Villa & Spa Gianyar

  • Luh Komang Handani Universitas Ngurah Rai
  • Desak Gde Sayang Adnyani Universitas Ngurah Rai
Keywords: Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Keberhasilan seluruh pelaksanaan tugas-tugas kerja suatu perusahaan sangat ditentukan oleh tersediannya sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu pendekatan dalam upaya meningkatkan kinerja karywan tersebut dapat dilakukan melalui praktik gaya kepemimpinan dan motivasi yang sesuai. Adanya perhatian dan ditemui permasalahan berkaitan dengan gaya kepemimpinan dan motivasi dalam usaha meningkatkan kinerja karyawan maka sangat layak dalam penelitian ini diteliti lebih jauh lagi pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada hotel kayumanis ubud private villa & spa gianyar.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan antara gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada hotel kayumanis ubud private villa & spa gianyar. Populasi  dalam penelitian ini adalah semua karyawan pada Kayumanis Ubud Private Villa & Spa. Sampel dalam penelitian ini adalah 116 orang karyawan yang bekerja pada Kayumanis Ubud Private Villa & Spa yang diambil secara Probability Sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, uji signifikansi parsial (t-test) dan uji signifikansi simultan (F-test), dimana dalam perhitungannya menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS).

Hasil analisis regresi berganda yaitu Y = 1,382 + 0,516X1 + 0,458X2. variabel Gaya kepemimpinan (6,820), diikuti motivasi (6,745). Hasil uji t membuktikan variabel Gaya Kepemimpinan dan Motivasi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap variabel Kinerja Karyawan pada Kayumanis Ubud Private Villa & Spa Gianyar. Artinya menurut karyawan, kedua variabel independen dianggap penting untuk Kinerja Karyawan pada Kayumanis Ubud Private Villa & Spa Gianyar. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,873 menunjukkan bahwa perubahan gaya kepemimpinan dan motivasi secara simultan berkontribusi terhadap perubahan kinerja karyawan sebesar 87,3%, sedangkan sisanya 12,7% disumbangkan oleh variabel lain di luar variabel gaya kepemimpinan dan motivasi yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dan dari uji F test diperoleh variabel gaya kepemimpinan dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada hotel Kayumanis Ubud Private Villa & Spa Gianyar.

Published
2018-09-30
Abstract viewed = 99 times
downloaded = 63 times